Friday, January 24, 2014

Khasiat Jus Pepaya

Pepaya termasuk buah yang cukup populer. Disamping harganya murah, pepaya mudah didapat dan rasanya manis. Kandungan pektin pepaya yang tinggi dapat mengatasi problem pencernaan, sembelit, dan susah buang air kecil. Buah pepaya mengandung enzim papain, pektin, vitamin C, dan karoten ayng berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini akan menyapu bersih radikal bebas yang mengganggu keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

Kandungan nutrisi pepaya matang adalah 49 mg fosfor, 61 mg kalsium, 9 mg sodium, 0,9 mg zat besi, 711 mg potassium, 31 mg magnesium, 5,320 I.U vitamin A, dan 170 mg vitamin C. Jus pepaya dapat memperlancar keluarnya feses karena enzim papain yang dikandungnya membantu pemecahan serat makanan sisa sehingga menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Manfaat pepaya bagi kesehatan :

1. Anti kanker
2. Memperlancar pencernaan
3. Mencegah sembelit
4. Perawatan kulit
5. Mengurangi panas dalam
6. Mengobati luka lambung
7. Menyembuhkan asma

Selain memperlancar pencernaan jus pepaya juga membantu mengobati luka lambung dan mengurangi kelebihan panas tubuh. Jus pepaya juga efektif mengatasi problem pada hati dan membantu memperlancar menstruasi. Pepaya juga dapat bersifat diuretik sehingga dapat membantu memecahkan problem yang menyerang ginjal.

Selain papain, pepaya juga mengandung enzim arginine (untuk kesuburan pria), carpain (untuk jantung), dan fibrin (untuk pembekuan darah). Untuk detoktifikasi (mengeluarkan racun) harus mengkonsumsi 200 ml jus pepaya atau dua gelas sehari, pada pagi dan malam hari sambil tetap berkonsultasi kedokter.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More