Thursday, January 30, 2014

Makanan Alami untuk kesehatan Mata

Terlalu lama berada di depan komputer atau menonton televisi bisa membuat mata lelah. Agar tidak terserang masalah kesehatan, Anda perlu menjaganya dengan mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk kesehatan mata.

Agar mata tetap sehat, maka tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup, seperti vitamin A, E, C serta nutrisi lainnya, yaitu beta-karoten, lycopene, dan lainnya. Coba saja memasukkan beberapa makanan berikut ini ke dalam menu sehari-hari Anda.

1.Wortel
Wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena kaya akan antioksidan, beta-karoten, lycopene, dan lutein. Kandungan antioksidan didalamnya mampu menjaga penglihatan mata dan mengurangi risiko terjadinya katarak. Wortel dapat membantu regenerasi sel-sel dalam mata sehingga meningkatkan fungsi mata.

2.Bayam
Sayuran hijau ini juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan mata, diantaranya vitamin C, beta-karoten, dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, vitamin B1, B2, E, asam amino, dan protein didalamnya juga membantu menjaga penglihatan mata agar tetap maksimal.

3.Tomat
Coba tambahkan tomat dalam salad atau nikmati semangkuk sup tomat, karena kandungan beta-karoten didalamnya mampu menghambat degenerasi sel mata. Sehingga, mata tetap terjaga kesehatannya.

4.Buah citrus
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain juga kaya antioksidan, buah-buahan tersebut mampu mencegah kerusakan mata, termasuk katarak.

5.Pepaya
Buah ini mengandung beta-karoten, vitamin A, C, dan E yang dapat meningkatkan kemampuan penglihatan mata.

Selain mengonsumsi buah dan sayuran yang dapat menyehatkan mata dari dalam, Anda juga bisa menjaga kesehatannya dari luar. Saat mata terasa lelah, coba kompres mata dengan potongan timun segar. Tak hanya membuat mata lebih rileks, timun juga bisa menyamarkan lingkaran hitam di daerah mata.

2 comments:

dari pada penggunaan obat kimiawi tetes yang memiliki resiko lebih tinggi, tips diatas ini nice info banget patut untuk di coba ni...

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More